Rekanan Baner

untuk sementara menjelang dapat ide yang baru untuk penulisan bahasa daerah yang rada-rada mudah untuk dibaca oleh rekan-rekan pengunjung.... web blog http://adogaloe.blogspot.com/ untuk sementara menggunakan bahasa indonesia, dengan subjek dunia pertanian, dan buat rekan-rekan yang punya tulisan mengenai dunia pertanian dapat mengirimkan tulisannya ke info2009@plasa.com atau langsung aja masukkan ke kolom komentar.
Tulisan mengenai dunia pertanian ini untuk mengenang masa-masa penulis sewaktu sekolah pertanian di sekolah pertanian pembangunan SPP/SPMA Dati I Jambi Tahun 1997-2000 Jurusan Hotikultura.

Thursday, March 19, 2009

Menanam Benih Melon

menanam benih melon langsung dilapangan tidak dianjurkan, karena resikonya tidak kecil. disamping tingkat kematian benih sulit di kontrol, kematian ibit muda yang baru tumbuh sulit dikendalikan karena pengaruh kondisi lingkungan serta intensitas pemeliharaan. dengan penyisipan benih baru memang dapat diatasi akan tetapi akan menghasilkan ukuran dan kualitas bibit muda yang tidak seragam. akibat umur panan tidak serentak.
sebelum menanam tanaman melon langsung dilapangan, sebaiknya benih dikecambahkan dahulu, kemudian dibibitkan dalam polibag serta ditempatkan pada ruang yang beratap plastik. dianjurkan tempat pembibitan dibangung disekitar kebun dekat lahan penanaman, untuk mempermudah transportasi dan memperkecil resiko kerusakan serta kematian bibit akibat pengangkutan.bersamaan dengan waktu penyiapan benih dan [embibitan melon, dilakukan juga penyiapan lahan penanaman. dengan perhitungan, bibit sudah siap dipindahkan, lahan udah siap dilakukan penanaman.kebutuhan benih melon untuk 1 hektar sekitar 200 - 500 gram. bila populasi tanamna sekitar 12.000 atau tergantng varietas/jenis (type) melonnya.
kegiatan pembibitan melon meliputi :a. Mengecambahkan melonb. Meramu media tanam dan dimasukkan dalam polibag.c. Menanam kecabah melon dalam polibag.d. Memeliharaan bibit sampai siap tanam di lapangan.
Tempat pembibitan dibuat berbentuk ruang yang beratap plastik,agr terhindar dari curah hujan yang tinggi tetapi bibit masih dapat menerima sinar matahari.

No comments:

Post a Comment

tari tauh sanggar skss - jambi

Search YouTube

Mesin Bantuan

Google Hot Trends

Currency Converter

There was an error in this gadget