Rekanan Baner

untuk sementara menjelang dapat ide yang baru untuk penulisan bahasa daerah yang rada-rada mudah untuk dibaca oleh rekan-rekan pengunjung.... web blog http://adogaloe.blogspot.com/ untuk sementara menggunakan bahasa indonesia, dengan subjek dunia pertanian, dan buat rekan-rekan yang punya tulisan mengenai dunia pertanian dapat mengirimkan tulisannya ke info2009@plasa.com atau langsung aja masukkan ke kolom komentar.
Tulisan mengenai dunia pertanian ini untuk mengenang masa-masa penulis sewaktu sekolah pertanian di sekolah pertanian pembangunan SPP/SPMA Dati I Jambi Tahun 1997-2000 Jurusan Hotikultura.

Monday, February 16, 2009

Penting nyo ppl bagi petani di jambi

Seberapo penting kah PPL bagi petani di jambi ???
pertanyaan seperti ko sering kito dengar, apo tu PLL (petani penyuluh lapangan) bagi petani di daerah kito ni.
kalu kito tengok kebelakang cak mano dunia pertanian kito sebelum hadirnyo para PPL ko. jelas bukannyo petani kito dak mantap, mantap la tapi kurang maksimal be hasilnyo hal ini dikarenakan para petani khususnyo petani tanaman hortikultura kurang mendapat pengetahuan cak mano pengelolaan tanaman dengan baek, disini peran PPL yang harus kerjo dengan baek dan dapat membantu para petani agar hasil dari ladang nyo tu biso meningkat, dan menggunakan pestisida sesuai dengan kadar penggunaan yang sesuai.

dak cumo itu be peran ppl bagi petani, ppl diharapkan dapat menjadi konsultan bagi petani agar dapat membantu petani dalam penerapan dan pengelolaan usaha pertanian yang selamo ini di kelola nyo tu. memang berat nian tugas jadi ppl apolagi daerah kerjo ppl ni harus melewati sungai-sungai dan daerah yang penduduknyo masih sedikit terpencil pulo lagi, tapi itu resiko dari ppl.

sepanjang penengoan sayo dengan ado nyo ppl ko hasil pertanian daerah jambi mulai meningkat dipasaran, hal ini berdampak positif bagi petani, dimano petani dengan otomatis berkat adonyo ppl biso meningkatkan hasil kebon nyo,

1 comment:

tari tauh sanggar skss - jambi

Mesin Bantuan